LOADING

Type to search

News

5 smartphone dengan kualitas kamera terbaik 2019

Share
5 smartphone dengan kualitas kamera terbaik

Saat ini kamera jadi salah satu pertimbangan untuk membeli smartphone. Beragam produsen berlomba – lomba untuk memberikan kamera dengan hasil yang terbaik buat para konsumennya. Lalu bagaimana memilih smartphone dengan kualitas kamera terbaik. Kami akan mengulas smartphone apa saja yang mempunyai kamera yang bisa diunggulkan.

Sebelum membahas smartphone yang mempunyai kualitas kamera terbaik. Kita flasback sedikit ke belakang. Mari berkenalan dengan HP yang mempunyai kamera pertama kali. Pada tahun 1997, Philippe Khan, seorang pengusaha yang juga ahli teknologi dari Jepang berhasil menggabungkan kamera dengan sebuah hp. Dibantu software PictureMail (yang juga buatannya) bisa mengirim gambar ke HP lain. Akhirnya di tahun 2001 Khan berkerjasama dengan Sharp dan berhasil membuat kamera  HP komersial pertama yaitu J-SH04 atau J-Phone. Saat itu kamera tersebut “hanya” beresolusi 110.000 piksel (0,1 mp), dan mempunyai sensor CMOS dengan layar LCD 256 warna.

Sejak tahun 2001 tersebut, para produsen HP berlomba – lomba untuk memberikan kamera terbaik pada smartphone yang ia produksi. Tercatat beberapa pabrikan seperti Nokia, Samsung, Sony Ericson tampil dengan produk dengan kamera terbaiknya.

Kita rekap sebentar sejarah smartphone berkamera yang pernah hadir di Indonesia ya. Tahun 2002 Kamera VGA pertama hadir di Nokia 7650 saat itu belum mampu merekam video. Pada Oktober 2003, Samsung mengeluarkan Samsung SCH-V420. Yang menjadi pembeda adalah, brand Korea tersebut menambahkan kamera 1,3 Mp pada HP lipat mereka.

Sony Ericson membuat gebrakan di tahun 2005 Produk mereka, S750, jadi HP pertama  yang mempunyai autofokus dengan resolusi kamera 2 mp. Kembali Sony Ericson menghadirkan produk anyarnya, Sony Ericson K800 HP berkamera 3,2 MP ini memiliki Xenon Flash.  Di tahun yang sama, Nokia punya seri baru, seri N93 dibekali 3x Optical Zoom dan juga memiliki lensa Carl Zeiss. Kembali Nokia mengeluarkan inovasi barunya di tahun 2007, Nokia N95 resolusi 5 mp dan Nokia N82 resolusi 5 mp plus Xenon Flash.

Demikian tadi sekilas sejarah tentang HP berkamera. Sekarang saatnya kita membahas tentang smartphone dengan kualitas kamera terbaik. Ada banyak pilihan untuk smartphone dengan kamera bagus seperti ini. Namun untuk pembaca, inilah kelima pilihan kami.

  1. Apple iPhone XS Max
    Di tengah gempuran, brand – brand Android yang hadir dengan smartphone dengan kamera terbaik. Apple berhasil menjadikan iPhone XS Max sebagai salah satu smartphone dengan kamera berkualitas. Jika brand brand lain hadir dengan tiga kamera di belakang, iPhone ini hanya mempunyai dua kamera di belakang. Meski demikian, Lensa ganda dengan resolusi 12 MP tersebut, berhasil menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang sangat menjanjikan.
    Adanya chipset Apple A12 Bionic ber-fabrikasi 7 nm membuat iPhone XS series punya performa luar biasa. Produk Iphone banyak dipilih para milenial terutama Instagramers karena hasil video dan foto stories mereka lebih bagus dibanding dengan stories yang menggunakan Instagram.
  2. Samsung Galaxy S10+
    Seri ini memiliki Spesifikasi yang tertinggi jika dibandingkan dengan S10 dan S 10 Ace. Samsung Galaxy S10+ mempunyai dua kamera depan dengan resolusi 10MP + 8MP dan tiga kamera belakang 12MP dual pixel + 16MP ultrawide + 12MP telephoto.
    Pada seri ini juga dibekali kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bisa memaksimalkan hasil foto yang kita ambil. Galaxy S10 Plus juga mempunyai fitur Super Night Shot, yang mampu memotret, menyimpan, sekaligus menggabungkan sampai 17 bidikan dalam satu hasil foto.
    Saat kamu memakai salah satu dari tiga kameranya di malam hari, Samsung S10+ akan mengenali tingkat cahaya rendah kemudian memotret 7 foto dalam 2-3 detik lalu mengompres dan menjadikannya satu foto tunggal.
  3. Huawei P30 Pro
    Pernah mendengar Camera Leica? Merk Kamera terkenal dari jerman itu, kabarnya punya andil dalam pembuatan seri terbaru Huawei. Sejak Seri P 20, Huawei sudah menjadikan sektor kamera sebagai promosi utamanya. Menurut sang CEO, inovasi seperti SuperSpectrum Sensor dan SuperZoom Lens akan menjadikan hasil fotografi dan videografi lebih dari yang dikira. “Huawei P30 Pro menjadi standar bagi teknologi smartphone generasi berikutnya” ujar Richard Yu
    Huawei P30 Pro, memakai Leica Quad Camera dengan resolusi 40 MP, f/1.6 + 20 MP, f/2.2 + 8 MP (telefoto) + TOF 3D camera. Sementara untuk camera depan menggunakan resolusi 32 MP untuk swafoto. Dengan teknologi terbarunya, Huawei P30 Pro diklaim bisa menangkap foto dan video yang luar biasa dari setiap moment.
  4. Google Pixel
    Jika saat ini kebanyakan smartphone mengandalkan dua kamera atau lebih, Google hanya cukup satu kamera untuk menjadikan ponselnya yang terbaik. Meski hanya satu kamera, Google Pixel 2 bisa memberikan pengalaman photography secara maksimal dan hasil memuaskan. Bahkan, Google Pixel ini mampu membuat foto bokeh meski tanpa dual camera.
    Kelebihan lain Pixel 2, yaitu bentuknya yang simple namun berkarakter, mempunyai hardware kelas atas, serta pastinya akan menjadi prioritas saat ada update sistem operasi terbaru
  5. Redmi K20
    Pabrikan terakhir yang masuk dalam smartphone dengan kualitas kamera terbaik adalah Xiaomi. Redmi K20 Pro santer disebut dengan “flagship killer” karena mempunyai spesifikasi terbaik meski jika dilihat dari segi harga dibilang cukup terjangkau. Dibekali dengan Snapdragon 855. Produk ini menjadi ponsel pertama Redmi yang memakai chip tersebut.
    Pada bagian kamera, Redmi K20 Pro mempunyai tiga kamera yaitu kamera wide 48 Mp (f/1.8), kamera ultrawide 13 Mp (f/2.4), dan kamera telephoto 8 Mp (f/2.4).

Demikian tadi daftar smartphone dengan kualitas kamera terbaik. Beberapa produk ada yang sudah masuk ke Indonesia, beberapa lagi masih belum bisa dijual ke Indonesia karena faktor TKDN. FYI buat kamu yang mau beli produk produk yang dijual di luar negeri, seharusnya membatalkan rencananya. Pemerintah akan memblokir IMEI produk produk Smartphone blackmarket. Jika kamu mempunyai produk HP BM, bisa mendaftarkan melapirkan produknya supaya IMEI nya tetap bisa digunakan.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *