LOADING

Type to search

News

Beberapa merk HP Canggih Yang tidak dijual bebas di Indonesia

Share

Mulai tahun tahun 2015 banyak vendor HP gagal memasukan produknya ke Indonesia. Penyebabnya adalah aturan TKDN – Tingkat Komponen Dalam Negeri untuk hp 4G. TKDN adalah nilai / persentase komponen HP 4G harus buatan Indonesia. Bahasa mudahnya, setiap HP yang masuk Indonesia, harus ada berapa persen komponennya yang dibuat di Indonesia

Komponen yang diwajibkan dibuat di Indonesia bukan hanya hardware saja, tapi juga memperhitungkan software. Tujuan TKDN dibuat untuk mengurangi defisit perdagangan yang diakibatkan banyaknya barang impor yang masuk. Di era 3G dulu, ponsel bebas masuk ke Indonesia tanpa syarat apa pun., akibatnya Banyak vendor yang gagal memasarkan produknya ke Indonesia karena aturan tersebut.

Berikut ini beberapa merk HP Canggih Yang tidak dijual bebas di Indonesia

iPhone

Apple pada 2015 sudah merilis iPhone 6S & 6S Plus, namun HP baru mereka baru bisa dinikmati oleh penggunannya setahun kemudian. Akhirnya setelah menunggu sekitar satu tahun lebih, seri terbaru iPhone -dengan spesifikasi 4G ini, bisa masuk ke Indonesia.

One Plus

Sama dengan iPhone, di One plus pun gagal memasukan produknya ke Indonesia karena terkendala aturan TKDN. Pada 2015 OnePlus 2 dan OnePlus 3. Dua produk terbaru One Plus tersebut padahal merupakan jenis HP Flagship. Yang paling anyar adalah One Plus7. Ponsel berlayar 6.4 inci ini tidak di dijual bebas di Indonesia. Dengan sebutan Flagship Killer, One Plus7 tampil dengan desain notch alias poni di bagian atasnya.

Dapur pacu OnePlus 7 dibekali prosesor Snapdragon 855 dengan dua pilihan RAM yaitu 6GB/8GB sementara ruang penyimpanannya sebesar 128GB/256GB. Sederet kelebihan lain dari ponsel canggih yang tidak dijual di Indonesia ini adalah, OnePlus 7 hadir dengan sensor sidik jari berada di layar, baterai 3.700 mAH support fast charging, Bluetooth versi 5, USB Type C, WiFI dan 4G VoLTE.

Selain One Plus7, One Plus7 Pro yang dirilis bersamaan pun tidak bisa masuk di Indonesia. Varian ini ditambahkan “pro” karena memang lebih lebih canggih. OnePlus 7 Pro mengusung spesifikasi yang lebih canggih, terutama di sektor camera. OnePlus 7 Pro mempunyai tiga konfigurasi kamera belakang dengan resolusi lensa utama sebesar 48MP, 16MP untuk lensa ultra wide-angle, dan 8MP untuk telephoto.

Xiaomi

Daftar selanjutnya, Hp canggih yang tidak dijual bebas di Indonesia adalah dari keluarga Xiaomi. Seri flagship Xiaomi ini jadi topik hangat saat peluncurannya. Satu yang jadi alasan adalah soal harga. Dengan spesfikasi luar biasa harga miring selalu ditawarkan oleh Xiaomi.
Mi 9 hadir dengan prosesor terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 855 dengan dua jenis pilihan RAM 6GB dan 8GB. Seperti One Plus7 Pro, Mi 8 hadir dengan tiga lensa kamera belakang, lensa utama 48MP, telephoto 12MP, dan 16MP untuk camera wide-angle. Sementara di bagian depan, camera Mi 9 beresolusi 20MP yang punya fitur AI.

Tak hanya Mi 9 yang gagal masuk ke Indonesia, Mi A3 juga bernasib serupa. Jika kemungkinan Mi 9 sedang diupayakan untuk bisa masuk Indonesia, tidak demikian dengan Mi A3. Steven Shi, Country Head Xiaomi Indonesia mengamini jika Mi A3 memang tidak akan dipasarkan di Indonesia.

Mi A3 diperkenalkan di Spanyol 17 Juli 2019 lalu. HP canggih ini menambahkan beberapa peningkatan dibanding seri sebelumnya Mi A2. Perbedaan yang paling terasa ada di sektor kamera. Bagian kamera belakang Mi A3 berjumlah tiga buah, 48 MP (lensa wide, bukaan f/1.8), 8 MP (lensa ultra-wide, bukaan f/2.2), dan 2 MP (depth sensor, f/2.4). Sedangkan, kamera depannya beresolusi 32 MP.

Meskipun sudah dirilis resmi di Indonesia, tak serta merta HP Xiaomi mudah untuk ditemukan. Note 7 misalnya, baru satu hari dirilis, sudah ludes di Authorized Mi Store. Kalaupun ada di pusat perbelanjaan HP, harga Note 7 naik 300-400 ribu dari harga normalnya. Maka sebutan HP ghoib sering disematkan kepada Xiaomi.

Sebentar lagi Ponsel gaming ciptaan Xiaomi, Xiaomi Black Shark, akan secara resmi dipasarkan di Indonesia. Xiaomi Black Shark hampir memenuhi aturan TKDN yang ditetapkan. Black Shark dijejali prosesor Snapdragon 845 dengan dua jenis pilihan RAM 6GB/ ROM 64GB dan RAM 8GB/ROM 128GB. Bukan tidak mungkin, seri ini juga akan “ghoib” diserbu peminat.

Sony

Brand besar Sony juga tidak bisa menjual salah satu HP flagshipnya di Indonesia. Sony Xperia 1 memakai layar berjenis OLED dengan layar 6,5 inci resolusi 4K. HP ini berprosesor Snapdragon 855 disuport dengan RAM 6GB dan ROMsebesar 128GB.

LG

HP terebaru dari LG ini sudah support konektivitas 5G. Dapur pacu LG V50 ThinQ menggunakan Snapdragon 855 dengan RAM 6GB dan ROM sebesar 128GB. Pada bagian belakang tersemat tiga kamera dengan resolusi 12MP untuk lensa utama, 12MP untuk telephoto, dan 5MP camera wide-angle. Sedangkan, pada bagian depan ada dua kamera dengan resolusi 8MP+5MP.

Demikian tadi beberapa merk HP Canggih Yang tidak dijual bebas di Indonesia. Banyak yang mengakali untuk mendapatkannya dengan membeli produk blackmarket yang banyak di jual di beberapa situs jual beli online. Membeli barang black market mungkin bukan sesuatu yang aneh. Banyak penggila gadget yang melakukan itu jika produk yang ia cari tidak dijual di Indonesia. Namun setelah17 Agustus nanti, Kementrian Perindustrian punya kebijakan serius tentang HP blackmarket ini. HP BM yang dibeli sesudah 17 Agustus akan langsung diblokir IMEI nya. Dengan diblokirnya IMEI, maka ponsel yang dibeli dari luar negeri atau Blackmarket tidak bisa digunakan di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan ponsel BM yang dibeli sebelum 17 Agustus 2019. Kemenperin mengatakan bahwa HP BM yang dibeli sebelum tanggal 17 Agutus tidak akan langsung diblokir namun akan ada proses pemutihan. Melalui proses pemutihan pemilik ponsel blackmarket harus mendaftarkan nomor IMEI ke database Kemenperin agar tidak diblokir usai regulasi ini diterapkan. Hayo, siapa yang Hpnya beli dari blackmarket?

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *